How I Cleanse My Face


Cleansing is the most important part of my basic skincare routine. Proper cleansing gets rid of old skin cells, dirt and dust, make-up, and keeps your skin pores free of clogs and able to breath freely. Whether you're young, or old, man or woman, you can do your skin a big favor by cleansing correctly!


Di post ini aku mau kasih tau & kasih beberapa tips, cara aku cuci muka/ bersihin muka setiap hari. "Cuci muka" sounds simple sih  sebenernya, tinggal cuci pakai sabun sama air terus udah. Tapiii sebenernya ini penting banget untuk maintain kulit muka kamu supaya nggak jerawatan. I got so many questions about my skin care routine, jadi kayaknya biar lebih gampang aku bahas satu-persatu aja yaa!


Step pertama yang aku lakuin itu adalah, bersihin muka pakai make-up wipes/ make-up remover & kapas. Sebenernya make-up removernya boleh apa aja, tapi aku personally nggak suka sama makeup remover yang oil based, atau bikin berminyak. Aku nggak suka rasanya abis bersihin make-up, terus muka jadi berminyak (walaupun habis itu tetep cuci muka, but i just hate the feeling of oils on my face). 

1. Makeup wipes favorite aku dari Biore, karena make-up wipes ini bener-bener remove makeup sampai yang paling waterproof. Nggak ada wanginya (atau kalau ada pun berarti dikit banget dan nggak menyengat sampe ganggu), nggak bikin berminyak sama sekali, jadi kalau abis hapus makeup pakai ini, nggak cuci muka lagi juga nggakpapa, nggak menyengat di kulit atau bikin perih. Compact bisa dibawa kemana-mana, so travel friendly! harganya juga terjangkau (25-30ribu, somehow harganya beda-beda dari century sampai carrefour), gampang ditemuin dimana-mana. Makeup wipes ini udah paling the best sih menurut aku, aku udah coba makeup wipes lain, kadang suka nyengat di kulit, atau nggak bersihin dengan maksimal (makeup wipes dari Pond's misalnya, kurang bersihinn rasanya kayak tissue basah biasa)

2. Bioderma Sebium H20 yang botolnya warna hijau, karena katanya itu yang untuk oily skin jadi aku pilih yang ini. Its everyone's favorite so i wanna see what the hype is all about. Aku suka bioderma karena rasanya kayak air aja. Pastinya nggak bikin berminyak which i like. Melembabkan dan nggak bikin kering. Cocok untuk sensitive skin karena setau aku bioderma ini ingredientsnya sederhana dan bagus gitu nggak bikin jerawatan dll. Tapi menurutku bioderma nggak begitu ngebersihin makeup yang waterproof, nggak sebagus biore makeup wipes. Tapi untuk daily use cocok sih karena aku nggak makeup macem2 juga.. Harganya 250ribuan (seingetku), bisa ditemuin di Guardian. Cara pakainya aku tumpuk beberapa kapas, terus di totol2 sama bioderma ini. Jadi ngeresap ke beberapa kapas itu tanpa harus ngulang berkali-kali

3. Clarisonic mia, ini optional sih cuma aku suka pakai clarisonic kalau abis aktifitas seharian atau makeup tebel. Karena ini ngebersihin bangett.. Clarisonic itu ngebersihin wajah 6x lebih bersih daripada tangan biasa. Kalau abis cuci muka pakai clarisonic rasanya muka tuh bersih banget.. lebih soft lebih smooth juga. Dan aku ngerasa muka juga jadi jaraaang bgt muncul jerawat kalau lagi rajin bersihin pakai ini. 
Downsidenya ada tiga sih, 1. its quite pricey & nggak ada di indo jadi harus beli di sephora luar negeri atau nitip temen, atau beli di online shop 2. brush headnya harus diganti setiap 3 bulan sekali. 3. males banget ngecharge nyaaaa :(



Psst.. Kim Kardashian pakai Clarisonic juga lho :-D



4. Nah habis bersihin sisa-sisa makeup dan debu yang ada di wajah, aku selalu akhirin dengan cuci muka pakai sabun Ponds ini. Sabun muka aku dari dulu nggak ganti-ganti (udah 5 tahun terakhir pakainya sama terussss),





Ponds Pure White Deep Cleansing Facial Foam. Aku ngerasanya sabun muka ini bikin bersih banget, udah coba sabun muka lain tapi ujung-ujungnya pakai ini lagi..



5. 


Time to give your lips a little love! This is my recent favorite lipscrub that quickly become my everyday routine product. Bubblegum flavour sugar lip scrub.. whaaat :-O dari namanya aja udah menarik bgt. Aku udah tau produk ini dari lama cuma nggak begitu tertarik untuk beli, sampai temenku Nafia nitip ini pas aku liburan kemarin, jadi aku beli juga (thanks nafibebs my luv <3). Lip scrub ini, fungsinya untuk ngangkat sel-sel kulit mati yang ada di bibir. Untuk yang punya masalah dengan bibir kering, pasti kesel kan kalau pakai lipstick jadinya jelek karena bibir keringnya makin ter-exposed. Apalagi dengan matte lip trend sekarang.. Makin susah untuk ngikutin. Nah lip scrub ini pasti jadi a life saver! Wanginya enaaak banget dan karena terbuat dari gula, jadi setelah itu bisa tinggal dijilat aja hehehe. Kalau dipakai secara rutin, bisa bikin warna bibir km juga makin cerah, karena peredaran darah di bibir jadi lebih lancar. This is definitely a must have product!

Where to buy: Lush Cosmetics (not available in Indonesia)

Itu tadi produk-produk yang aku pakai untuk ngebersihin muka, dan yang cocok di aku. Apa yang cocok di aku belum tentu cocok di kamu, karena tipe kulit wajah orang kan beda-beda. But i recommend these products based on personal experience. Setelah ini, baru pakai skincare kamu seperti biasa. Kalau dimulai dengan muka yang bersih, pasti skincare apapun yang kamu pakai jadi lebih meresap dengan maksimal! hehehe..

As always, these are some tips for proper facial cleansing:

1. Cleanse twice a day, no more. Cuci muka terlalu sering juga nggak baik karena menghilangkan natural oils yang baik dari kulit wajah km. Kecuali abis aktifitas di luar ruangan terbuka dan kena polusi, debu dll
2. Pilih cleanser yang cocok dengan kulit wajah kamu. Jangan pakai sabun mandi biasa untuk sabun muka, karena bisa terlalu kasar dan bikin kering. Sabun yang terlalu melembabkan bisa nutup pori-pori (yang lama-lama jadi komedo dan jerawat), sedangkan sabun yang terlalu bikin kering bisa menyebabkan iritasi kulit.
3. Cuci tangan yang bersih sebelum cuci muka! or you will be working dirt into facial skin. Jangan lupa ikat rambut sebelum cuci muka supaya nggak kehalang sama rambut
4. Pat your skin dry with a clean towel. Di teken pelan-pelan, jangan di scrub pakai handuk. Dan pastikan handuk yang kamu pakai bersih


I hope you find this helpful! thank you for reading & if you have any question, feel free to leave the question below or head over to www.ask.fm/putrialarasati

xx

I love reading your questions, messages and thoughts by email! I will try my best to respond every single one of them. For general inquiries or just say hello, please email to putrialarasati@hotmail.com




0 comments:

Post a Comment

 

Contact

For general inquiries or just say hello, please email to putrialarasati@hotmail.com xx

Instagram

Meet The Author

My name is Putri Ayu Larasati, and I'm 20 years old. I made this blog because over the years i became a beauty advisor to my friends, or even strangers from ask.fm. Answering makeup and skincare questions and making product recommendations. So this blog is dedicated to share my passion, thoughts, review, tips & tricks about make up and beauty. Im no expert, I just happen to be an extremely well-informed consumer & watched too many youtube videos. I hope this blog could somewhat help you to feel more comfortable in your own skin. Enjoy! xx

Total Pageviews